Berbicara tentang kehamilan, seorang calon Ibu yang terlambat datang bulan memangmerupakan salah satu tanda utama kehamilan. Namun ketahuilah tanda hamil tersebut ada beberapa gejala lainya yang dapat Anda kenali bahkan sebelum keterlambatan haid tersebut terdeteksi.

Memnag sih, setiap wanita mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda-beda. Namun, tidak ada salahnya untuk mengenali tanda-tanda umum kehamilan dan mencari informasi kehamilan selain terlambat datang bulan agar kehamilan lebih cepat terdiagnosa.

Tanda hamil tersebut diataranya adalah terjadinya perubahan payudara. Perlu anda ketahui perubahan hormon pada awal kehamilan dapat membuat payudara terasa lebih padat, sensitif, dan lebih kencang. Puting terlihat lebih muncul (menonjol) dan berwarna lebih gelap dengan pembuluh darah yang lebih tampak pada permukaan kulit payudara.

Jika anda mengalami hamil, maka tanda lainya tersebut yaitu anda akanlebih sering buang air kecil lho terutama pada malam hari . namun perlu anda ketahui Pada tahap kehamilan selanjutnya, keinginan buang air kecil lebih disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.

Memahami Tanda Hamil Bunda

Tanda Hamil Yang Wajib Bunda Ketahui

Tanda hamil berikutnya yang perlu anda perhatikan yaitu anda akan cepat merasa lelah. Rasa lelah tersebut terjadi seperti tidak tertahankan dan sering. Gejala ini dapat berlanjut terutama pada 3 bulan awal masa kehamilan.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh meningkatnya kadar progesteron dan perubahan pada produksi darah, detak jantung, dan metabolisme tubuh. Hindari menangani kelelahan dengan mengonsumsi kafein yang dapat membahayakan janin. Sebisa mungkin atasi kondisi ini dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan beristirahat cukup ya moms.

Tanda hamil yang juga merupakan tanda yang mudah di pahami wanita hamil yaitu Mual dan muntah. Mual dan muntah tersebut umumnya baru akan terasa pada usia kehamilan 6 minggu. Tapi gejala ini juga bisa muncul lebih awal. Kondisi ini biasanya akan hilang setelah memasuki usia kehamilan 12-16 minggu. Situasi ini lebih sering terjadi di pagi hari karena menumpuknya asam lambung selama Anda tidur.

Mual dan muntah dapat dicegah dengan menjaga perut agar tidak kosong. Konsumsilah makanan sedikit demi sedikit, tapi lebih sering. Mengonsumsi permen mint atau jahe juga dapat meringankan gejala. Tanda hamil lainya yang perlu anda ketahui diataranya adalahSensitif terhadap bau, Hilangnya nafsu makan, Konstipasi, Suasana hati yang mudah berubah, Pusing, timbulnya Bercak darah dan lainya.

Nah, Dengan mengenali tanda-tanda kehamilan di atas, Anda akan lebih mudah mendeteksi kemungkinan datangnya buah hati lebih awal. Dan perlu anda ketahui, ciri hamil anak perempuan dan laki-laki pun kadang juga memilki ciri yang berbeda.