Wanita mana yang tidak mendambakan postur tubuh langsing dan menarik? Baik itu wanita usia remaja, dewasa, sudah berkeluarga, maupun sudah mempunyai anak, pasti menginginkan tubuh langsing. Nah, perut buncit adalah salah satu musuh terbesar kaum hawa.

Perut yang tidak rata juga akan mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Kini, banyak yang memilih alternatif operasi perut atau bedah perut untuk melangsingkan tubuh, karena dianggap lebih praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapat tubuh langsing. Operasi perut ini lebih akrab dengan sebutan Tummy Tuck.

Penyebab dan Resiko Penyakit Diabetes

Akan tetapi bagi Anda yang menderita penyakit serius, terutama diabetes, sebaiknya hindari metode operasi pengecilan perut agar tidak memperburuk penyakit tersebut.

Lantas apa saja penyebab diabetes dan bagaimana cara mengatasinya agar terhindar dari penyakit serius ini kemudian bisa melakukan operasi pengecilan perut? Ini dia informasinya:

  1. Diabetes Karena Faktor Genetik

Diabetes seringkali muncul karena faktor genetik atau keturunan. Ya, jika salah satu anggota keluarga mengidap diabetes, kemungkinan besar penyakit tersebut menular ke keturunannya. Akan tetapi hal tersebut bisa ditangkis dengan mengatur pola makan, mengurangi kadar gula, serta berolahraga.

Apabila tidak ada gen yang menderita diabetes dan Anda memiliki pola hidup sehat, maka operasi Tummy Tuck bisa dilakukan demi mendapatkan postur tubuh langsing. Namun apabila Anda menderita penyakit diabetes karena faktor keturunan atau genetik, maka sebaiknya lakukan cara lain yang lebih aman dan tidak berefek pada penyakit tersebut.

  1. Diabetes Karena Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih menjadi salah satu penyebab diabetes. Ya, obesitas juga menyebabkan penyakit lainnya datang, seperti serangan jantung, stroke dan sebagainya. Diabetes karena obesitas akan membuat aliran darah tidak lancar, yang pada akhirnya membentuk gumpalan darah.

Dalam kondisi tersebut tentu tidak baik bagi Anda jika melakukan operasi pengecilan perut, risiko infeksi cukup besar. Infeksi tersebut bisa saja semakin menyebar ke beberapa organ vital lainnya. Maka tidak Tummy Tuck tak hanya menyebabkan diabetes saja, melainkan mengakibatkan serangan jantung, stroke, infeksi saluran pernapasan dan lain sebagainya.

  1. Diabetes Karena Makanan

Apabila Anda ingin melangsingkan perut dengan cara instan, yakni operasi perut, pastikan bahwa Anda tidak menderita penyakit diabetes yang diakibatkan oleh pola makan buruk. Ya, diabetes diakibatkan pula oleh pola makan yang buruk, tidak memperhatikan kesehatan tubuh, mengesampingkan vitamin, protein, mineral, serta lainnya.

Jadi, jika Anda menderita diabetes namun ingin melakukan operasi pelangsingan perut, maka sebaiknya perbaiki dahulu pola makan Anda. Setelah memperbaiki pola makan, konsultasikanlah kepada dokter mengenai niat operasi Tummy Tuck tersebut.

  1. Diabetes Karena Merokok

Merokok memang tidak baik bagi kesehatan, bahkan merokok juga menjadi salah satu penyebab diabetes. Jadi, bagi pecandu rokok yang ingin operasi pengecilan perut, sebaiknya tanyakan ke dokter yang bersangkutan, apakah Anda mengidap diabetes dan tidak diperkenankan melakukan operasi, atau justru sebaliknya.

Bagi Anda yang belum mengetahui apakah ada riwayat penyakit diabetes atau justru terhindar dari penyakit tersebut, maka tanyakanlah ke dokter.

Jika memang terbebas dari penyakit serius tersebut, maka peluang mengecilkan perut dengan metode Tummy Tuck cukup besar.