Selain rutin melakukan pengobatan intensif dengan mengkonsumsi obat-obatan maupun melakukan kemoterapi, menjaga pola makan ini juga sangat penting untuk dilakukan. Menerapkan pola makan yang seimbang dan sehat dapat membuat tubuh tetap sehat dan membuat mood stabil. Hal ini dapat mendukung pengobatan yang sedang dilakukan.

Bagi pasien kanker serviks dalam mengatur pola makan tidak bisa sembarang, karena ada beberapa jenis makanan yang boleh dan dihindari untuk di konsumsi. Nah, berikut ini adalah panduan makan untuk pasien kanker serviks yang bisa kamu simak.

Panduan Makan untuk Pasien Kanker Serviks

Untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seorang penderita kanker serviks ini perlu untuk menjaga pola makan sehari-hari. Dalam hal ini mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah sangat disarankan karena kandungan vitamin, antioksidan, flavonoid, folat serta karotenoid dapat membantu melindungi tubuh dari kanker serviks.

Mengkonsumsi makanan tersebut dapat mencegah kanker serviks semakin menyebar.  Kamu pun bisa melakukan pola makan seperti berikut agar bisa memenuhi nutrisi dalam tubuh.

  1. Saat sarapan cobalah mengkonsumsi granola, yogurt, buah – buahan seperti melon, serta jus jeruk.
  2. Untuk makan siang kamu bisa membuat sandwich dengan isian sayuran, jamur, timun, paprika dan bisa juga ditambah dengan keju.
  3. Makan malam kamu bisa mengkonsumsi makanan yang sifatnya ringan seperti salad dengan bahan campuran sayuran seperti bayam, tomat, selada atau dengan ditambahkan kacang hitam, ayam maupun gandum utuh.

Makanan yang di contohkan di atas merupakan makanan yang telah memenuhi nutrisi yang baik untuk tubuh. Sehingga kanker serviks dapat di cegah dengan mudah dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Selain makanan sehat yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi kanker serviks ini ada pula makanan yang harus dihindari oleh seorang pasien kanker serviks. Makanan-makanan tersebut perlu hindari untuk mencegah timbulnya resiko yang tidak diinginkan atau bahkan memperburuk kondisi tubuh di saat menjalani pengobatan.

Inilah jenis makanan yang perlu dihindari bagi pasien kanker.

  1. Madu
    Untuk pasien kanker serviks mengkonsumsi madu ini boleh saja asalkan tidak berlebihan.
  1. Gandum utuh
    Pasien kanker serviks masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi gandum utuh namun jika sedang melakukan proses penurunan berat badan.
  1. Buah-buahan kering
    Mengkonsumsi buah-buahan segar akan sangat disarankan untuk pasien kanker serviks.
  1. Biji-bijian halus dan gula
    Mengkonsumsi bahan makanan seperti biji – bijian halus dan gula merupakan hal yang dilarang, karena akan membuat kondisi sistem imunitas tubuh terganggu.
  2. Jangan konsumsi ikan, susu, unggas maupun daging
    Ikan, susu, unggas maupun daging adalah pantangan yang harusnya kamu hindari jika mengidap penyakit kanker serviks.
  3. Hindari konsumsi rumput laut dan jamur
    Selama masa pengobatan kanker serviks ini tidak dianjurkan untuk mengonsumsi rumput laut maupun jamur yang akan memperparah.

Demikian ulasan mengenai panduan makan untuk pasien kanker serviks. Semoga bermanfaat.

Sumber: deherba.com