ada bermacam-macam bahan dalam pembuatan pagar. Di antaranya galvanis, besi tempa, stainless, dan besi biasa.Pertama, adalah bahan galvanis. Bahan ini merupakan bahan pagar yang paling diminati. Galvanis merupakan semacam besi, seperti pipa ledeng yang antikarat. Galvanis diminati karena bisa bebas karat hingga 35 tahun.

Galvanis saat ini banyak diaplikasikan pada Model Pagar Rumah Minimalis. Untuk mempercantik pagar berbahan galvanis yang berdesain minimalis ini bisa menggunakan cat yang berwarna black dop. Untuk masalah harga, per meternya Ferry mengatakan bisa dinego.

Kedua, yaitu besi tempa. Sifatnya yang seperti plastik, membuat pagar bisa dibentuk dengan berbagai motif. Motif yang paling diminati saat ini adalah matahari, dan kembang-kembang. Bahan besi tempa ini per meternya dihargai Rp550 ribu-Rp1 juta. Karena besi yang digunakan adlah besi isi alias besi padat.

Ketiga, adalah stainless. Harga yang dipatok jika ingin membuat pagar dari bahan ini tergantung pada motif yang dipesan. Biasanya, motif rumah minimalis juga menjadi idola. Per meternya, dihargai sekitar Rp700 ribu-Rp1,5 juta. Yang membuat stainless ini mahal karena sifatnya yang antikarat, serta bentuknya yang mengkilap sehingga terkesan mewah.

\”Untuk bahan stainless ini memang paling mahal. Bahan stainless berdasarkan kadarnya memiliki 3 jenis. Yaitu kadar 2,01, kadar 3,04, dan kadar 2,16,\” tandasnya.

Perawatan Harus Menggunakan Cairan Pengkilap

Anda harus melakukan perawatan pagar daristenlis yang cukup rutin untuk menjaga agar pagar tetap mengkilat. Sebenarnya, ini dilakukan juga untuk berbagai jenis pagar lainnya. Semakin sering Anda membersihkannya, semakin mengkilap pula pagar yang Anda miliki.

Sepertinya, itu saja kekurangan dari pagarstenlis yang rasanya sudah bisa tertutup dengan semua kelebihan yang telah dimilikinya. Memiliki pagar yang awet dan tetap mengkilat dalam waktu yang lama memerlukan perawatan yang tepat. Jika Anda bisa merawatnya dengan baik, Anda pun akan mendapatkan pagar yang mengkilap dalam waktu yang lama. Nah, bagaimanakah cara untuk merawat pagar yang terbuat dari bahan dasar stainless?

Perawatan pagari stainless rupanya tidak sesulit dengan apa yang Anda bayangkan. Perawatannya sangat mudah dan simpel. Anda hanya membutuhkan pengkilap yang bisa dibeli di berbagai toko bangunan. Bentuk dari pengkilap pagar stainless biasanya cair yang dikemas dalam tube atau pun kemasan kaleng. Pemakaiannya yang mudah tidak akan merepotkan Anda ketika akan menggunakannya