Jeruk dan tangerines terkenal karena kandungan vitamin C-nya, dan benar saja satu jeruk ukuran sedang mengandung sekitar 70mg vitamin C, lebih dari 90% Recommended Dietary Allowance (RDA) untuk wanita. Jeruk mengandung vitamin dan mineral lainnya, seperti tiamin dan folat, tapi kandungannya tidak sebanyak vitamin C. Buah ini juga ternyata sumber kalium yang baik.

Setengah cangkir perasan jeruk segar mengandung nutrisi yang kurang lebih sama seperti yang terdapat pada buah yang masih utuh, namun pada perasan jeruk yang dijual di pasaran (komersial) sebagian besar bulir dan membran-nya tersaring sehingga sebagian besar serat dan flavonoid-nya hilang.

Tangerines rendah kalori (sekitar 35 kalori pada buah ukuran sedang) dan kaya akan vitamin A (dalam bentuk beta-karoten) disbanding buah citrus lainnya. Tangerines ukuran sedang mengandung vitamin A dengan tingkat yang tinggi yaitu 130 mg, sama seperti kandungan kaliumnya.

Tangerines, bersama dengan clementines dan satsumas, sebenarnya adalah jenis jeruk mandarin. Buah sitrus yang manis dengan kulit longgar ini berasal dari China, tapi sekarang sudah tumbuh di banyak belahan dunia.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Membatasi pertumbuhan tumor. Jeruk mampu melawan kanker dengan kuat. Vitamin C adalah sebuah antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang  diproduksi saat oksigen digunakan oleh tubuh manusia. Sebagai tambahan, jeruk mengandung rutin, hesperidin, dan bioflavonoid lainnya, pigmen tanaman yang dapat membantu mencegah atau menghambat pertumbuhan sel tumor.

Dapat mengurangi risiko kanker tiroid. Hasil penelitian dari Republik Korea menunjukkan bahwa memperbanyak konsumsi sayuran mentah, buah kesemek, dan tangeriness dapat mengurangi risiko kanker tiroid dan membantu mencegah tahap awal dari kanker tiroid.

Mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah Studi Prancis, jus jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah: Periset percaya bahwa ini disebabkan oleh efek hesperidin, flavonoid yang terdiri dari 90% flavonoid total dalam jus jeruk. Jeruk juga memiliki jumlah potasium yang baik, yang membantu mengendalikan tekanan darah dengan mengurangi efek natrium. Untuk itu, American Heart Association merekomendasikan jeruk dan jus jeruk sebagai makanan yang kaya potassium.

Menurunkan kadar kolesterol. Jeruk mengandung cukup banyak pektin di dalam membrane di antara bagian buah tsb. Pekti merupakan serat diet mudah larut yang membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Meringankan gangguan pencernaan. Orang China menggunakan tangeriness untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan, dan meringankan mual. Sementara di Perancis, buah ini diberikan pada anak-anak untuk meredakan gangguan pencernaan dan cegukan.

Melawan peradangan. Tangeriness berukuran sedang memenuhi sekitar 30% dari Recommended Recommended Disorder (RDA) untuk vitamin C. Antioksidan ini membantu mencegah radikal bebas berbahaya yang diproduksi oleh proses pencernaan tubuh dan paparan asap tembakau, radiasi, dan racun lingkungan lainnya.

Membantu menurunkan berat badan. Jeruk itu rendah kalori. Bila Anda memakan buahnya langsung daripada meminum jus, Anda mendapatkan keuntungan dari kandungan seratnya, karena dapat membantu Anda merasa kenyang lebih cepat daripada makanan berserat rendah lainnya.

Risikonya Terhadap Kesehatan

Reaksi alergi. Kulit jeruk  dapat memicu reaksi alergi yang serius pada orang yang sensitif. Kulit jeruk mengandung limonene, minyak yang merupakan allergen yang umum. Banyak orang yang alergi terhadap jus jeruk komersial, (karena jus jeruk komersial seringkali tercampur dengan limonene selama proses pembuatannya), menemukan bahwa jeruk utuh lebih dapat ditoleransi ketimbang jus jeruk—terutama yang komersial.

Erosi email gigi. Menurut sebuah studi dari University of Rochester, jus jeruk mengurangi kekerasan enamel gigi sebanyak 84% pada mereka yang meminumnya setiap hari selama 5 hari. Periset mengaitkannya dengan keasaman tinggi jus jeruk.

Sariawan. Jeruk dan tangerines, seperti buah sitrus lainnya, bisa membuat luka mulut yang menyakitkan ini bertambah parah.

Sumber: https://www.deherba.com/manfaat-jeruk.html