Salah satu penunjang kegiatan medis yang dilakukan di rumah sakit yaitu alat – alat kesehatan. Alat ini memiliki prosentase yang cukup besar dalam optimalisasi pelayanan kesehatan di rumah sakit dan umumnya di pusat pelayanan medis lainnya. Namun sebelumny, tahukah anda devinisi alat kesehatan ?

jenis alat kesehatan di rumah sakit dan klinik

Alat kesehatan didevinisikan sebagai instrument, mesin, implant yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosis penyakit, merawat orang sakit, dan juga memulihkan kesehatan pada manusia serta untuk membentuk struktur dan memperbaiki jaringan tubuh.

Contoh alat kesehatan yang ada di rumah sakit atau klinik cukup banyak. Namun setidaknya ada tiga macam jenis alat – alat kesehatan yang ada di rumah sakit sebagai berikut :

1. Alat Elektromedik

Yaitu alat – alat medis yang bekerja dengan menggunakan tenaga listrik. Alat ini bergantung pada energi listrik, jadi tanpa energi listsrik alat – alat ini tidak dapat digunakan. Alat seperti ini biasanya merupakan alat – alat otomatis yang cukup rumit dan tidak sembarangan orang bisa menggunakannya.

Adapun contoh alat ekektromedik cukup banyak seperti alat rekam jantung atau EKG, alat pacu jantung atau Defibrillator, Pasien Monitor atau alat monitor kesehatan pasien dan berbagai macam alat lain yang memiliki sifat yang sama yaitu harus menggunakan energi listrik

2. Alat Non Elektromedik

Non Elektromedik adalah kebalikan dari jenis alat kesehatan Elektromedik. Alat – alat ini dapat dioperasikan atau digunakan tanpa membutuhkan tenaga listrik. Akat ini juga sering disebut dengan alat – alat manual. Contoh alat ini juga sangat banyak sekali, termasuk diantaranya alat – alat sekali pakai seperti alat suntik, alat infus, tabung oksigen, tensimeter manuak, termometer manual, stetoskop dan lain sebagainya.

3. Alat Diagnostik In vitro

Alat ini bisa termasuk dari golongan Elektromedik dan Non Elektromedik. Alat diagnostic adalah alat – alat yang memiliki fungsi khusus yaitu sebagai alat pendiagnosis penyakit atau menganalisa sebuah sample untuk mencari kelainan penyakit tertentu. Contoh alat ini diantaranya alat cek kimia darah atau Chemistri Analyzer, Hematology analyzer (alat peneliti sifat sel – sel darah) dan alat lain sejenis yang memiliki fungsi yang sama.

Darimana alat – alat tersebut didapatkan ?

Pemerintah tentu saja sudah menganggarkan di semua rumah sakit dan klinik milik pemerintah sesuai dengan peraturan dan standar pelayanan minimal untuk sebuah pusat layanan kesehatan masyarakat baik tingkat kecamatan hingga propinsi. Alat – alat tersebut bisa dibeli di toko atau Distributor alat kesehatan yang menjual semua kebutuhan alat rumah sakit dan klinik.